Tuesday, November 25, 2014

Peran Umat Beragama dalam Mewujudkan Masyarakat Beradab dan Sejahtera




Bangsa Indonesia adalah bangsa yang plural. Pluralitas bangsa ini mewujud dalam keberagaman etnis, tradisi, adat istiadat, seni, budaya, dan agama. Clifford Geertz, seorang antropolog kenamaan dari Amerika Serikat, dalam Indonesian  Cultures and Communities, dengan baik melukiskan pluralitas bangsa Indonesia demikian,

“Terdapat lebih dari 300 kelompok etnis yang berbeda-beda di Indonesia, masing-masing dengan identitas budayanya sendiri-sendiri, dan lebih dari 250 bahasa daerah dipakai dan hampir semua agama-agama penting di dunia diwakili, selain agama-agama asli yang banyak jumlahnya.”

Meskipun plural, bangsa ini direkatkan dalam satu kesatuan kebangsaan akhibat dari pengalaman sejarah yang sama: penjajahan yang getir dan pahit. Hal ini secara simbolik terangkum dalam “Bhineka Tunggal Ika”, yang mengakui perbedaan dalam kesatuan dan kesatuan dalam perbedaan.

Kesatuan kebangsaan ini pertama kali direkatkan melalui deklarasi Sumpah Pemuda tahun 1928 dengan ikrar kesatuan: satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa, yakni Indonesia. Dan Pancasila merupakan kalimatun sawa sebagai dasar yang merangkum semua pluralitas agama dan sosial.

Agama, seperti yang dikemukakan di atas, merupakan salah satu pluralitas bangsa Indonesia. Karena itu peran umat beragama dalam mewujudkan masyarakat madani sangat penting. Ada enam agama yang diakui secara resmi oleh negara Indonesia: Islam, Kristen Katolik, Kristen Protestan, Hindu, dan Budha. Semua umat dari masing-masing agama telah mengakui bahwa Pancasila merupakan platform bersama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Namun demikian dalam perjalanan sejarah bangsa ini, bukan berarti tanpa gesekan mengenai hubungan antar umat beragama tersebut. Terutama hubungan Islam dan Kristen, beberapa fakta menunjukkan bahwa dua umat beragama ini seringkali mengalami keretakan. Ismatu Ropi dalam karyanya Fragile relation: Muslim and Christians in Modern Indonesia mengemukakan  betapa rentannya hubungan antara kedua umat beragama ini. Kasus-kasus seperti Situbondo (Jawa Timur), Ketapang (Jakarta) dimana gereja dibakar oleh umat islam, Kupang (NTT) dimana masjid dibakar oleh umat Kristiani. Belum lagi kasus Maluku dan Poso yang hingga saat ini belum dapat diselesaikan dengan baik. Hubungan yang tidak harmonis antara umat beragama akan mengganggu usaha bangsa ini dalam meretas menuju masyarakat yang beradab dan sejahtera.

Berikut ini adalah beberapa peran yang harus dilakukan oleh umat bergama dalam mewujudkan masyarakat madani.

  1. Menumbuhkan sikap saling pengertian antara sesama umat beragamaPeran ini bisa dilakukan melalui dialog intensif. Mengutip perkataan Hans Kung yang tentang keharusan berdialog:
    “Tidak ada perdamaian di antara bangsa-bangsa tanpa adanya dialog antaragama; tidak ada perdamaian di antara agama-agama tanpa adanya dialog antar umat beragama; tidak ada dialog antar umat beragama tanpa ada investasi dasar (fondasi) agama-agama.”  
  2. Melakukan studi-studi agama dengan tujuan menciptakan kerukunan umat beragama
  3. Melakukan usaha-usaha penumbuhan sikap-sikap demokratis, pluralis, dan toleran kepada umat beragama sejak dini melalui pendidikanIslam mewajibkan umatnya untuk berdakwah, akan tetapi dakwah tersebut harus disampaikan dengan cara yang baik dan manusiawi. Keyakinan yang berbeda harus dihormati. Islam mengajarkan umatnya sikap toleransi karena tidak ada paksaan untuk menerima Islam. Islam juga tidak membenarkan umatnya menghina umat agama lain. Dalam hal ini, Allah berfirman dalam Q.S. Al-An’aam:108:



    وَلَا تَسُبُّوا الَّذِينَ يَدْعُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ فَيَسُبُّوا اللَّهَ عَدْوًا بِغَيْرِ عِلْمٍ ۗ كَذَٰلِكَ زَيَّنَّا لِكُلِّ أُمَّةٍ عَمَلَهُمْ ثُمَّ إِلَىٰ رَبِّهِمْ مَرْجِعُهُمْ فَيُنَبِّئُهُمْ بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ



    Artinya: “Dan janganlah kamu memaki sembahan-sembahan yang mereka sembah selain Allah.” 


    وَلَوْ شَاء رَبُّكَ لآمَنَ مَن فِي الأَرْضِ كُلُّهُمْ جَمِيعًا أَفَأَنتَ تُكْرِهُ النَّاسَ حَتَّى يَكُونُواْ مُؤْمِنِينَ

    Artinya: “Dan jikalau Tuhanmu menghendaki, tentulah beriman semua orang yang di muka bumi seluruhnya. Maka apakah kamu (hendak) memaksa manusia supaya mereka menjadi orang-orang yang beriman semuanya?”(Q.S. Yunus:99)

    Selain dalam Al-Qur’an, Perintah bertoleransi juga terdapat dalam hadits Rasul. Al-Bukhari dalam Kitab Iman, bab Agama itu Mudah, menyebutkan: 



    حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَيَّاشٍ حَدَّثَنَا أَبُو غَسَّانَ مُحَمَّدُ بْنُ مُطَرِّفٍ قَالَ حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ الْمُنْكَدِرِ عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ رَحِمَ اللَّهُ رَجُلًا سَمْحًا إِذَا بَاعَ وَإِذَا اشْتَرَى وَإِذَا اقْتَضَى. 

    Artinya: Telah menceritakan kepada kami Abdillah, telah menceritakan kepada saya Abi telah menceritakan kepada saya Yazid berkata; telah mengabarkan kepada kami Muhammad bin Ishaq dari Dawud bin Al Hushain dari Ikrimah dari Ibnu 'Abbas, ia berkata; Ditanyakan kepada Rasulullah saw. "Agama manakah yang paling dicintai oleh Allah?" maka beliau bersabda: "Al-Hanifiyyah As-Samhah (yang lurus lagi toleran)"

    Berdasarkan hadis di atas dapat dikatakan bahwa Islam adalah agama yang toleran.
  4. Mengerahkan energi bersama untuk mewujudkan cita-cita bersama membangun masyarakat madani



Referensi:
  1. Nurdin, Ali, dkk. 2008. Pendidikan Agama Islam. Edisi 1. Cetakan Ketujuh. Jakarta: Universitas Terbuka.
  2. http://msibki3.blogspot.com/2013/04/hadis-hadis-tentang-toleransi.html



2 comments:

  1. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 2.000.000
    • SMA = Rp. 3.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    ReplyDelete
  2. Kang Khalim: Peran Umat Beragama Dalam Mewujudkan Masyarakat Beradab Dan Sejahtera >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Kang Khalim: Peran Umat Beragama Dalam Mewujudkan Masyarakat Beradab Dan Sejahtera >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Kang Khalim: Peran Umat Beragama Dalam Mewujudkan Masyarakat Beradab Dan Sejahtera >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete