Friday, July 8, 2016

EBI, pembaruan dari EYD


 
EBI, pembaruan dari EYD — Selama ini kita mengenal EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) sebagai pedoman penggunaan bahasa Indonesia termutakhir. Pasalnya, kita tidak lagi mendengar pembaruan ejaan selama hampir setengah abad sejak disahkannya EYD tahun 1975. Pemakaian EYD, yang merupakan pembaruan dari ejaan-ejaan sebelumnya (ejaan Van Ophuijsen, 1901 dan ejaan Soewandi, 1947), tentunya mengundang pertanyaan akan kemunculan ejaan baru yang "lebih disempurnakan". Namun, penyempurnaan itu tak kunjung datang sampai akhir tahun kemarin, tepatnya tanggal 26 November 2015, saat Kementeriaan Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (EBI).  
Dengan dikeluarkannya pedoman tersebut, maka sangat penting sekali bagi kita semua pengguna bahasa Indonesia mengetahui dan menelaah apa saja yang termuat dalam pembaruan ini, sehingga kita tidak serampangan dan lebih mahir berbahasa Indonesia, khususnya dalam ragam formal.  
Dan jika masih banyak yang belum tahu tentang keberadaan EBI sebagai pembaruan EYD ini, berikut saya bagikan file dan link downloadnya.  
Selamat mengunduh dan belajar... :D




No comments:

Post a Comment