Wednesday, November 9, 2016

Cara menjalankan Command Prompt (CMD) di Windows


Cara menjalankan Command Prompt (CMD)  
di Windows

Mungkin sobat pernah bertanya, untuk apa sih command prompt (CMD) di Windows itu? Kok ngetik-ngetik di sana gak pernah bener, gak ada respon yang berarti? Baiklah, sebagai permulaan, coba buka CMD dan ketik "color 02" dan tekan Enter. Lalu, ketik "title ENCRYPTED" dan tekan Enter kembali. Perubahan apa yang sobat lihat? Ya, warna dan judul CMD berubah. Seperti itu lah jika sobat benar memasukkan perintah (baca: command) di CMD dengan benar, maka perintah akan dieksekusi dengan baik oleh mesin ini.  

Cara membuka CMD:
1. Tekan logo Windows + R, ketik CMD, dan tekan Enter
2. Tekan logo Windows, ketik CMD, dan klik CMD
Sebenarnya banyak yang bisa kita lakukan dengan CMD. Misalnya, selain dapat mengganti warna dan judul CMD seperti di atas, kita juga dapat mengetahui sistem Windows yang sedang kita jalankan tanpa membuka Control Panel, yakni dengan mengetikkan "systeminfo". Secara otomatis, CMD akan menampilkan informasi umum tentang PC dan sistem operasi Windows kita. Lebih lanjut, kita juga bisa melacak seluruh folder di komputer kita hanya dengan perintah "tree". Dan CMD akan menampilkan bagan folder dalam bentuk "pohon" seperti pada gambar di bawah ini.
Tak hanya itu, dengan menjalan CMD secara Run as administrator dan memasukkan perintah "sfc /scannow", kita dapat melakukan pengecekan terhadap OS Windows kita, apakah sehat atau tidak, apakah ada file sistem yang error atau tidak, yang menyebabkan komputer kita tidak berjalan dengan baik. Dan, masih banyak lagi yang bisa dilakukan dengan aplikasi bawaan Windows itu, seperti memformat flashdisk, membuat partisi drive, membuat drive bootable, dll.
Mengingat begitu banyak fungsi yang tersemat pada command processor ini, rasanya akan bermanfaat jika saya membagikan perintah-perintah CMD kepada sobat semua. Namun, sebagian dari perintah-perintah di bawah ini tidak langsung dapat dijalankan, melainkan membutuhkan perintah lanjutan yang dapat diketahui dengan mengetikkan kata "help" di depan perintah seperti pada gambar).

No comments:

Post a Comment